Pages

Jumat, 01 Mei 2015

SEKILAS MENGENAI JURUSAN YANG TERDAPAT DI POLITEKNIK NEGERI BALI





Halo rekan pembaca sekalian, saya adalah mahasiswa 2A MBP PNB (Politeknik Negeri Bali) jurusan Pariwisata. Di blog ini, saya akan membagi semua pengalaman saya selama menjadi mahasiswa 2A MBP PNB Pariwisata. Nah status saya sebagai mahasiswa 2A MBP PNB Pariwisata tentunya membuat saya harus mempelajari segala hal mengenai dunia kepariwisataan. Untuk itulah, pada postingan ini akan saya berikan informasi yang rinci mengenai hal-hal yang berhubungan dengan status saya sebagai salah satu mahasiswa 2A MBP PNB Pariwisata. Akan tetapi sebelum mengenal lebih jauh tentang bidang pariwisata yang saya pelajari, ada baiknya para rekan pembaca sekalian mengenal lebih dahulu kampus saya.

Berdasarkan postingan sebelumnya mengenai Politeknik Negeri Bali, pada postingan kali ini para pembaca sekalian akan diajak mengetahui dan mengenal lebih dalam lagi mengenai masing-masing jurusan yang ada di Politeknik Negeri Bali.

Saya sebagai mahasiswa 2A MBP PNB Pariwisata yang notabene berasal dari jurusan Pariwisata dengan Program Studi MBP (Manajemen Bisnis Pariwisata) tentu amat sangat bangga dengan jurusan saya. Akan tetapi, walaupun saya adalah mahasiswa 2A MBP PNB Pariwisata saya juga membanggakan jurusan lain yang ada di PNB sendiri. Walaupun saya adalah mahasiswa 2A MBP PNB Pariwisata, saya juga mempunyai teman dari jurusan lain. Nah, info mengenai jurusan saya yakni jurusan Pariwisata dan jurusan lain yang ada di PNB akan dibahas pada postingan kali ini.

Penulis akan memberikan gambaran singkat mengenai masing-masing jurusan yang ada di PNB sendiri, yakni :



1.       Jurusan Teknik Sipil, yakni jurusan yang fokus pada bidang konstruksi sehingga nantinya para lulusan dari jurusan ini telah kompeten dan siap memenuhi tuntutan dunia jasa konstruksi.
Dilambangkan dengan warna coklat, jurusan teknik sipil sendiri memiliki visi menjadi institusi terdepan sebagai penghasil tenaga professional yang memiliki daya saing internasional dibidang teknik sipil.
Dan misi dari jurusan teknik sipil sendiri yakni menghasilkan tenaga handal yang berorientasi pada kebutuhan pasar dalam bidang teknik sipil dan pariwisata sebagai unggulan; menyelenggarakan penelitian dalam bidang ilmu terapan dan pengembangan IPTEK dalam rangka mensejahterakan kehidupan masyarakat melalui pengabdian masyarakat.

2.       Jurusan Teknik Mesin, yakni jurusan yang fokus pada bidang mesin. Jurusan ini berkonsentrasi pada pada program teknik produksi berupa perawatan dan perbaikan mesin industri dan otomotif. Memiliki warna biru muda yang menjadi ciri khas jurusan teknik mesin di Politeknik Negeri Bali. Jurusan teknik mesin mengemban sebuah visi yakni menjadikan program studi penghasil tenaga professional yang berwawasan internasional dalam bidang pendingin dan tata udara.
Misi dari jurusan teknik mesin yakni menciptakan tenaga kerja yang berketerampilan tinggi serta professional dalam bidang refrigerasi dan tata udara; menyelenggarakan proses pendidikan dan sertifikasi yang berkualitas tinggi dalam suasana akademik yang harmonis; melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang selaras dengan penyelenggaraan pendidikan dan pembangunan nasional.


3.       Jurusan Teknik Elektro, jurusan yang telah menghasilkan tenaga kerja professional, terampil dalam disiplin ilmu agar pembangunan sesuai dengan yang di harapkan. Jurusan ini fokus pada pengembangan teknik listrik dan ilmu computer serta pemanfaatannya didalam pembangunan.
Memiliki warna khas merah, adapun visi dari jurusan teknik elektro sendiri adalah mencetak tenaga professional di bidang kelistrikan dan bidang informatika yang berwawasan internasional.
Misi jurusan teknik elektro pun adalah sebagai berikut, menjadi pusat pengembangan pendidikan dan pelatihan di bidang kelistrikan dan bidang informatika; mencetak sumber daya manusia yang berkompeten di bidang kelistrikan dan informatika dengan pariwisata sebagai arah dan landasan pengembangannya.

4.       Jurusan Akuntansi, yakni jurusan yang fokus menghasilkan tenaga praktisi di bidang akuntansi sehingga para lulusan dari jurusan akuntansi ini sendiri akan memiliki kemampuan didalam bidang akuntansi serta mampu mempraktikkan pengetahuan tersebut. Jurusan akuntansi di Politeknik Negeri Bali dilambangkan dengan warna orange.
Selain memiliki warna khas orange, jurusan akuntansi sendiri memiliki visi, menjadi program studi terkemuka dalam menghasilkan lulusan yang professional di bidang akuntansi yang memiliki pengetahuan dan kemampuan sesuai tuntutan IPTEK dan industri dengan standar mutu nasional sesuai kebutuhan saat ini dan masa depan.
Dan juga misi dari jurusan akuntansi adalah menyelenggarakan pendidikan di bidang akuntansi dengan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dilandasi iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; menyelenggarakan pelatihan di bidang akuntansi dan menjadi mitra kerja dengan pemerintah, masyarakat serta dunia industry; menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

5.       Jurusan Administrasi Niaga, jurusan ini mencetak sumber daya manusia yang handal, siap kerja dan terampil dalam menunjang kelancaran  tugas-tugas perkantoran sehingga tenaga kerja yang dihasilkan akan mampu mengisi kesempatan kerja di semua bidang usaha.
Berciri khas warna hijau muda, jurusan administrasi niaga memiliki sebuah visi dan misi mulia yakni dengan visi, menjadikan program studi terkemuka dalam menghasilkan lulusan yang professional di bidang administrasi bisnis dan sekretaris yang memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang sesuai tuntutan ilmu pengetahuan dan teknologi industri dengan daya saing mutu internasional.
Dan misi dari jurusan ini adalah menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan yang professional di bidang administrasi bisnis dan sekretaris melalui peran teknologi berbasis budaya;  meningkatkan mutu sumber daya manusia melalui kegiatan pelatihan yang bersifat terdepan di bidang administrasi bisnis, sekretaris dan kewirausahaan; meningkatkan mutu sumber daya manusia melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat bekerja sama dengan industry atau lembaga lain dengan mengedepankan prinsip saling menguntungkan.


6.       Jurusan Pariwisata, jurusan yang berfokus pada pengembangan ilmu di bidang kepariwisataan seperti perhotelan, usaha perjalanan wisata dan manajerial bidang pariwisata, berkontribusi didalam menghasilkan peserta didik yang handal dan terdepan di bidangnya.
Dilambangkan dengan warna ungu khas jurusan pariwisata PNB, jurusan pariwisata sendiri juga memiliki suatu visi yakni, menjadi jurusan pendidikan vokasi unggulan yang menghasilkan sumber daya manusia professional sesuai kebutuhan industry, memiliki kemampuan manajerial di bidang usaha parwisata yang berdaya saing internasional.
Misi dari jurusan pariwisata yaitu, mendidik dan melatih mahasiswa mencapai kompetensi di bidang pariwisata sesuai standar kompetensi industry; membentuk tenaga kerja ahli madya dan tenaga kerja sarjana terapan di bidang pariwisata yang berkompeten, mandiri, inovatif, adaptif dan mampu bersaing di tingkat regional, nasional dan internasional.

Demikianlah informasi mengenai masing-masing jurusan yang terdapat di perguruan tinggi negeri Politeknik Negeri Bali. Informasi lebih lanjut bisa rekan-rekan pembaca peroleh di http://pnb.ac.id

Semoga apa yang penulis sampaikan bisa bermanfaat bagi rekan-rekan pembaca sekalian.
Salam hangat dari Bali :) Salam dari mahasiswa 2A MBP PNB Pariwisata.

1 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    BalasHapus