Pages

Sabtu, 09 Mei 2015

DESTINASI DALAM SISTEM KEPARIWISATAAN


Halo rekan pembaca sekalian, saya adalah mahasiswa 2A MBP PNB (Politeknik Negeri Bali) jurusan Pariwisata. Di blog ini, saya akan membagi semua pengalaman saya selama menjadi mahasiswa 2A MBP PNB Pariwisata. Nah status saya sebagai mahasiswa 2A MBP PNB Pariwisata tentunya membuat saya harus mempelajari segala hal mengenai dunia kepariwisataan.

Mahasiswa 2A MBP PNB Pariwisata kali ini akan berbagi tentang destinasi dalam system kepariwisataan. Info dari mahasiswa 2A MBP PNB Pariwisata ini semoga bisa bermanfaat. Silahkan membaca info dari mahasiswa 2A MBP PNB Pariwisata ini.


Sistem Pariwisata
Sistem pariwisata mencakup penginapan, agen perjalanan wisata, rumah makan, liburan, jasa pemandu, transportasi, dan atraksi wisata. Pariwisata dipandang sebagai proses yang multidimensi yang mencakup :

Aspek fisik, meliputi tingkat penerimaan dampak visual dan keberdesakan,titik dimana system ekologiterjaga sebelum terjadinya kerusakan lingkungan, konservasi fauna dan flora alam, baik di darat maupun di perairan serta tingkat penerimaan terhadap polusi udara air dan udara.

Aspek sosial budaya, meliputi pengembangan kegiatan pariwisata yang dapat diserap tanpa menimbulkan gejolak dan pola hidup masyarakat serta tingkat kegiatan pariwisata yang dapat melestarikan monument budaya, kesenian, kerajinan, system kehidupan masyarakat, adat istiadat.

Aspek infrastruktur, meliputi ketersediaan fasilitas dan pelayanan transportasi ketersediaan pelayanan utilitas seperti air bersih, penerangan, pengelolaan sampah,dan telekomunikasi, serta ketersediaan fasilitas dan pelayanan umum seperti fasilitas kesehatan dan keamanan.
 

Sub system yang saling terkait dalam pengembangan pariwisata yaitu :

A. Sisi Penyelenggara (Kelembagaan) atau Organisasi yang terdiri dari :

  1. Pemerintah selaku penentu, pengatur, Pembina dan penyelenggara kebijakan umum yang memberikan layanan kubutuhan umum termasuk layanan keperluan penyelenggaraan pariwisata dan pelayanan informasi pariwisata.
  2. Penyelenggara usaha pariwisata, yaitu merupakan yang menyediakan jasa / layanan khusus untuk kebutuhan wisatawan termasuk dalam layanan informasi perjalanan.
  3. Masyarakat pada umumnya, berupa sikap dan perilaku masyarakat, termasuk pengusaha barang dan jasa kebutuhan masyarakat secara umumdalam menerima dan melayani wisatawan termasuk juga layanan informasi umum.
B. Sisi Suply (penawaran) yang terdiri dari :
  1. Kelompok atraksi, baik yang berupa atraksi alam, budaya, maupun karya manusia, yang terdiri dari obyek wisata, dan peristiwa pariwisata.
  2. Kelompok aksesibilitas, yang tercermin dalam berbagai fasilitas antara lain angkutan darat laut dan udara, ijin berkunjung ( kebijakan Visa / ijin masuk kesuatu daerah yng dilindungi).
  3. Kelompok akomodasi, yaitu merupakan yang menawarkan tempat untuk tinggal, sarana konfrensi dan pamern,sarana makanan (restoran,café,bar).
C. Sisi Demand (permintaan) yang terdiri dari :
  1. Wisatawan nusantara
  2. Wisatawan mancanegara
  3. Maksud kunjungan
  4. Kelompok demografis
  5. Kelompok psychografis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar