Pages

Jumat, 01 Mei 2015

SEJARAH BERDIRINYA POLITEKNIK NEGERI BALI




Halo rekan pembaca sekalian, saya adalah mahasiswa 2A MBP PNB (Politeknik Negeri Bali) jurusan Pariwisata. Di blog ini, saya akan membagi semua pengalaman saya selama menjadi mahasiswa 2A MBP PNB Pariwisata. Nah status saya sebagai mahasiswa 2A MBP PNB Pariwisata tentunya membuat saya harus mempelajari segala hal mengenai dunia kepariwisataan. Untuk itulah, pada postingan ini akan saya berikan informasi yang rinci mengenai hal-hal yang berhubungan dengan status saya sebagai salah satu mahasiswa 2A MBP PNB Pariwisata. Akan tetapi sebelum mengenal lebih jauh tentang bidang pariwisata yang saya pelajari, ada baiknya para rekan pembaca sekalian mengenal lebih dahulu kampus saya.

Pada kesempatan kali ini, penulis yang notabene mahasiswa 2A MBP PNB Pariwisata akan memberikan informasi mengenai sejarah berdirinya PNB yakni kampus dari mahasiswa 2A MBP PNB Pariwisata ini. Adapun informasi yang akan mahasiswa 2A MBP PNB ini bagikan adalah sejarah dari awal berdirinya perguruan tinggi Politeknik Negeri Bali.


Keberadaan Politeknik Negeri Bali (PNB) tidak dapat dilepaskan dari perkembangan Politeknik di Indonesia yang sudah dirintis pada tahun 1976 yaitu politeknik di ITB Bandung yang merupakan kerjasama antara ITB Bandung atas nama pemerintah Indonesia dan pemerintah Swiss. ITB sendiri dahulunya diberi nama Politeknik Mekanik Swiss-ITB yang disingkat menjadi PMS-ITB. Berkat keberhasilan PMS-ITB didalam memajukan pendidikan di Indonesia pada masa itu, kemudian muncul agenda untuk mengembangkan politeknik di seluruh wilayah Indonesia.

Pada tahun 1979, PMS-ITB mendapatkan bantuan dari Bank Dunia dengan merintis 6 (enam) politeknik yakni Politeknik Universitas Brawijaya, Politeknik Universitas Diponogoro, Politektik Institut Teknologi Bandung, Politeknik Universitas Indonesia, Politeknik Universitas Sumatra Utara, dan Politeknik Universitas Sriwijaya di Palembang.

Rintisan enam politeknik yang sudah penulis sebutkan diatas dalam kurun waktu beberapa tahun dianggap berhasil oleh pemerintah Indonesia, kemudian pada tahun 1984 pemerintah Indonesia memutuskan untuk mengembangkan politeknik diseluruh Indonesia dengan menambah 11 (sebelas) politeknik baru. Didalam pengembangan politeknik ini, pemerintah Indonesia mendapatkan bantuan dari Bank Dunia dan pemerintah Australia. Salah satu diantaranya adalah Politeknik Universitas Udayana (yang sekarang telah berganti nama menjadi Politeknik Negeri Bali).

Pada tanggal 1 April 1984, Rektor Universitas Udayana yang pada masa itu dijabat oleh Prof. dr. Ida Bagus Oka menugaskan Ir. Ketut Kinog dan Drs. Abdullah Jawas untuk mempersiapkan pembukaan program pendidikan politeknik di Universitas Udayana sebagai tindak lanjut dari permintaan Direktur PIU Pusat Pengembangan Pendidikan Politeknik di Bandung.

Sebagai tindak lanjut, turunnya SK tanggal 3 Desember 1985, Dirjen Pendidikan Tinggi menetapkan pembentukan Politeknik Universitas Udayana bersama 16 Politeknik lainnya di seluruh Indonesia, sekaligus menetapkan Ir. Ketut Kinog dan Drs. Abdullah Jawas sebagai Direktur PIU dan Sekretariat Politeknik Universitas Udayana.

Politeknik Universitas Udayana sendiri memulai perkuliahan perdananya pada tanggal 5 Oktober 1987. Pada awalnya, Politeknik Universitas Udayana menyelenggarakan program pendidikan Diploma II (D II) untuk bidang Teknologi, yakni Jurusan Teknik Sipil, Teknik Elektro serta Teknik Mesin. Program pendidikan Diploma III (D III) untuk bidang tataniaga yang meliputi Jurusan Akuntansi, Administrasi Niaga dan Pariwisata. Setelah melalui beberapa pertimbangan, jurusan Teknik Sipil, Teknik Elektro dan Teknik Mesin yang termasuk dalam bidang Teknologi ditingkatkan menjadi Diploma III (D III).

Kemudian berdasarkan SK Mendikbud no. 081/O/1997 tanggal 28 April 1997, Politeknik Universitas Udayana (Politeknik Unud) melepaskan diri dari induknya dan berubah nama menjadi Politeknik Negeri Bali sebagai salah satu bentuk Perguruan Tinggi. Peresmiannya dilakukan oleh Sekretaris Dirjen Dikti pada hari Jumat, 12 September 1997.

Sekian informasi yang bisa penulis bagikan kepada rekan pembaca sekalian. Semoga rekan pembaca memperoleh manfaat dari tulisan penulis kali ini ^^

Salam hangat dari Bali :) Salam dari mahasiswa 2A MBP PNB Pariwisata.

1 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    BalasHapus